Kehadiran facebook sebagai situs jejaring sosial disambut dengan senang hati oleh para facebooker, bahkan hampir dari semua kalangan mempunyai akun facebook. Apakah anda pernah membayangkan bagaimana jika akun anda tidak bisa dibuka??? Padahal anda sudah yakin email dan password yang anda masukin adalah benar..Wah, pastinya anda sudah bingung tentang apa yang terjadi dengan facebook anda. Terkadang timbul juga pertanyaan, Apakah ada yang mengganti password facebook saya atau di hack??? Dalam postingan saya kali ini, saya akan memberikan tips mengamankan facebook anda dari orang-orang jahil atau para hacker/ cracker, lebih baik sedia payung sebelum hujan bukan???hehehe.... 

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, facebook dan email atau nomor HP adalah satu kesatuan yang sangat penting, karena tanpa email atau nomor HP anda pasti kebingungan mau login ke akun facebook anda bahkan orang lain yang mau login walaupun mereka mengetahui password facebook anda. Baiklah, untuk lebih jelasnya berikut saya berikan beberapa tips dan trik mengamankan akun facebook anda:

1. Yang pertama anda harus mengamankan alamat email anda, dengan cara masuk ke halaman privacy-sesuaikan pengaturan-paling bawah sendiri ganti settingan privacy email anda dengan settingan Hanya Saya. Jadi hanya orang yang login di facebook anda saja yang bisa melihat alamat email anda.

2. Jika kita sedang online facebook dari warnet, alangkah baiknya kita memastikan dahulu alamat tersebut benar-benar www.facebook.com, jangan tertipu dengan halaman yang sama persis tampilannya dengan www.facebook.com, karena semakin banyaknya situs-situs palsu yang menyerupai situs facebook atau sering disebut dengan situs phising. Lebih aman, anda mengetik sendiri url www.facebook.com di browser anda.

3. Jangan terpancing dengan alamat-alamat situs yang disebarkan melalui teman facebook anda,  biasanya dengan iming-iming yang berbau pornografi, apalagi anda tidak mengenal dengan pasti pemilik facebook tersebut bisa jadi itu merupakan bagian dari social engineering. Social Engineering adalah trik yang dilakukan oleh seorang hacker/ cracker untuk membodohi korbannya agar mau melakukan sesuatu.

4. Waspada terhadap program-program jahat yang sengaja dipasang di komputer atau laptop yang anda pakai untuk online, bisa berbentuk virus atau program lainnya yang berfungsi untuk membaca password. Untuk mengeceknya perlu sedikit pengetahuan, yaitu dengan cara menekan CTRL+SHIFT+ESC, kemudian akan muncul Task manager. Klik pada tab Processes, lihat aplikasi/ program apa saja yang sedang berjalan/ aktif, jika anda menemui sesuatu yang patut dicurigai sebagai program jahat, klik satu kali program tersebut kemudian klik End Process untuk mematikan program tersebut.

5. Pastikan Facebook Log out secara sempurna sampai masuk ke halaman awal facebook. cek kembali agar benar-benar sudah log out.

6. Atau jika anda merasa perlu anda dapat menghapus atau membersihkan riwayat/ history, cache, dan cookies pada browser anda. Jika anda menggunakan Mozilla Firefox klik tab Tool yang berada sisi kiri firefox kemudian pilih Clear Private Data atau tekan CTRL+SHIFT+DEL melalui keyboard anda dan berikan centang pada pilihan yang bekum diberi tanda sentang kemudian klik Clear Private Data Now.
    Ok, segitu dulu tips dan trik dari saya, lain kali akan saya sambung lagi atau anda dapat meninggalkan pesan bila ada yang kurang jelas, dan semoga bermanfaat buat kita semua.

    0 comments:

    Post a Comment